RESUME TUGAS PRODI

MATERI 1
Tema :  Pengenalan Lingkungan Kampus
Pemateri: Siti Nurjanah, S.kep, Ns, M.kep

Visi Prodi S1 keperawatan dan profesi ners :
Menjadi lembaga pendidikan keperawatan yang menghasilkan lulusan ners yang terkemuka, unggul di bidang keperawatan komunitas profesional dalam ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) berjiwa wirausaha.

Keunggulan FKK :
- Medikal bedah keperawatan
- Komunitas keperawatan dan 
- kebidanan komplementer 

Kegiatan MBKM di FKK UNUSA : program wirausaha, MBKM admin Dispenduk program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD), pertukaran mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka (PMM), program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan (PPKO)

MATERI II
TEMA :  ETIKA KOMUNIKASI DAN BERMEDIA SOSIAL PEMATERI : NETY MAWARDA HATMANTI, S.Kep., Na, M.kep

Trend and issue ketika mahasiswa kepada dosen yang kurangnya etika kenapa etika dan kesopanan sangat penting?
perbedaan nilai etika dan budaya
Nilai =  norma 
Etika = tata krama atau peraturan berlaku kepada akhlak Budaya = segala daya dari budi, yakni cipta, rasa dan karsa.

Komponen aktivitas akademika :security, jukir, dosen, office boy atau girl, admin. Budaya kampus budaya akademik, budaya kritis, budaya inovatif, budaya teknologi, budaya bersih. Attitude changes everything! budayakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). 

Etika bertemu dengan civitas akademika:
- Rapi, bersih, tidak berbau
- Sampaikan salam, ketok pintu
- Menggunakan bahasa yang sopan
- Perkenalkan diri dan status diri
- Sampaikan terimakasih
- Jelaskan keperluan secara ringkas
- Perhatikan waktu

Think before you speak :
- Salam
- Perkenalan diri
- Terimakasih bapak/ibu
- Mohon maaf mengganggu waktunya

Etika menggunakan sosial media menggunakan bahasa yang sopan dan layak, share hal yang bermanfaat dan minimalkan konflik, hindari konten berbau saraf dan lain-lain. Bentuk plagiarisme adalah plagiarisme kata, plagarisme parafrasa, plagiarisme sumber, plagiarisme struktur sumber, plagiarisme ide, plagiarisme autorsik.

RESUME MATERI III
TEMA : PENGENALAN ORGANISASI PROFESI
PEMATERI : Dr. Nuh Huda , S.Kep., Na., M.Kep., Sp. Kep. MB (Ketua DPD PPNI kota Surabaya)

PPNI organisasi ini lahir berdasarkan serangkaian perundingan beberapa tokoh dengan kesadaran pentingnya bersatu maka pada tanggal 17 Maret 1974.
Kepengurusan PPNI terdiri dari pengurus pusat PPNI berkedudukan di ibu negara, pengurus PPNI provinsi, dan pengurus PPNI kabupaten atau kota. PPNI sejak Juni 2023 telah menjadi anggota ICN (International Council of Nurse) yang ke-125.

UU nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan wadah yang menghimpun perawat secara nasional dan berbadan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. OP perawat bertujuan untuk meningkatkan atau mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, martabat dan etika profesi perawat mempersatukan dan memberdayakan perawat. Organisasi profesi ini anggotanya adalah para praktisi dan pendidik yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi sosial yang tidak dapat mereka lakukan dalam kapasitas mereka sebagai individu. Op berfungsi pembina pemersatu pengembang dan pengawas. Makna lambang PPNI warga perawat Indonesia yang hidup di NRI yang berjiwa Pancasila mengabdikan dirinya dalam bidang perawatan. PPNI (pendidikan dan pelayanan). Standar kinerja profesional jaminan mutu, pendidikan, penilaian kerja, kesejawatan dan lain-lain. Pandangan saat ini di masa depan adalah citra perawat, akuntabilitas dan kompetisi global. 
Tantangan yang akan dihadapi oleh generasi milenial yaitu : 
1. Akumulasi data yang melimpah
2. Perkembangan teknologi yang sangat pesat.
Harapan di society 5.0 meningkatkan kualitas hidup manusia bukan kekuatan teknologi akurasi data,faktual aktual dan hoax. Tantangan perubahan globalisasi nakes-pasien, pasien-nakes.
Capacity building :
A. training 
B. skill 
C. development 
D. planning 
E. Support

Website:UNUSA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Holiday "Sejarah Kampungku" MBAH MAYANG MADU

Resume Berita Unusa Wajibkan Tiap Lulusan S1 Punya Sertifikat Kompetensi

MORPHINE TUGAS ESSAY